Tips Cara Terapi warna

Tips Cara Terapi warna - Kekuatan  matahari sebagai energi pengobatan telah dikenal manusia sejak lama. Baik pada tumbuhan, manusia, hewan dan semua mahluk yang berada dibumi ini memerlukan energi mata hari untuk bertahan hidup. Tanpa sinar matahari tubuh kita akan mati bahkan segenap kehidupan diplanet ini akan tamat, sesungguhnya sinar matahari mengandung spektrum warna, namun hanya beberapa saja yang bisa terditeksi oleh mata manusia.

Untuk menjaga kebugaran tubuh mesti mampu menyerap sinar matahari dengan cukup, sehingga dapat menggunakannya dengan benar pula karena sinar itu diserap lewat mata dan kulit. Pada sinar matahari ditemukan bahwa tiap warna mengalir frekwensi dan gelombang panjang. Oleh sebab itu, dikemudian hari lahirlah terapi warna. Terapi warna adalah penyembuhan sebuah penyakit dengan mengaplikasikan warna secara tepat dalam bentuk yang lebih terpusat dibanding dengan sinar matahari. 


Selain itu, warna juga bisa ditentukan oleh prinsip yin/yang. Seperti contoh: warna  merah, orange, dan kuning merupakan warna-warna hangat untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh melemahnya kondisi badan seperti Anemia. Hijau, biru dan turqoise adalah warna-warna sejuk yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh kondisi alam.


Jasad manusia memiliki 7 cakra (pusat energi) utama yang mengalirkan sebuah warna khusus dan pada tiap cakra mengatur sebuah organ khusus lewat proses jasmaniah sehingga penyembuhan melalui terapi warna ini acap ditentukan lewat tubuh yang diderita. Akar cakra terletak diengsel paha, panggul, dan daerah kemaluan. Warna untuk akar cakra adalah merah dan organ yang paling utamanya: ginjal, kelenjar adrenal, organ seks. Bahkan, warna merah menjadi warna untuk penyembuhan penyakit ginjal kronis, sakit pinggang, atau kemandulan dan semantara  itu, masalah yang berhubungan dengan pencernaan, radang usus besar, sakit perut dan lain-lain, identik dengan warna kuning.




Tiada batasan waktu untuk berapa lama anda menggunakan terapi warna ini, karena anda dapat melakukannya selama tahnik ini baik menurut anda. Banyak praktisi mendasarkan titik mayor yang disebut dengan 'cakra', sehingga setiap cakra berkolerasi dengan sistem organ dan warna tertentu. Hubungan antara cakra, organ, dan warna tersebut adalah:

* Warna merah     
Berubungan dengan cakra dasar yang mempengaruhi daya vitalitas, kekuatan, seksualitas, dan kesadaran. Warna merah digunakan untuk mengatasi anemia, kekurangan energi, impotensi, tekanan darah rendah, penyakit kulit,dan infeksi saluran kencing.

* Orange 
Berhubungan dengan cakra limpa yang mengatur sirkulasidan metabolisme. Warna orange berhubungan dengan kegembiraan dan keceriaan dan warna ini juga digunakan untuk mengatasi depresi dan kelainan ginjal dan paru, seperti asma, bronchitis, obstipasi. Warna pelengkapnya biru.

* Kuning 
berhubungan dengan cakra solar plexus yang mempengaruhi intelektual dan pengambilan keputusan sehingga warna kuning dapat digunakan menstimulus konsentrasi. Warna ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit artritis dan dapat mengurangi keluhan penyakit yang berhubungan dengan stress, kejang otot, hipoglekimia, hipertiroid, dan batu empedu dan warna pelengkapnya adalah ungu.

* Hijau 
Berhubungan dengan cakra jantung, warna ini merupakan warna yang alamia dan menunjukkan kemurnian dan harmoni sehingga warna ini dapat dikatakan penyembuh yang luar biasa. Hijau digunakan untuk menyeimbangkan dan menstabilkan tubuh.

* Biru 
Berhubungan dengan cakra tenggorokan dan warna biru merupakan warna yang menenangkan dan segar baik digunakan untuk mengatasi insomia, gastrtis, artritis, nyeri pinggang bawah, sakit tenggorokan, asma dan migren sehingga yang menjadi warn pelengkapnya orange.

* Ungu
Merupakan warna dari cakra mahkota dan berhubungan dengan energi dari fungsi tertinggi pikiran dan warna ini sering digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menguasai ketidak berdayaan sehingga sering digunakan untuk mengobati kelainan mental dan saraf, juga dapat menekan nafsu makan, serta dapat digunakan untuk migren.

* Hitam
Warna ini sering digunakan untuk menekan nafsu makan dan bagi mereka yang berencana untuk menurunkan berat badan dapat mencoba dengan menggunakan kain alas meja yang berwarna hitam.

Bila anda tidak pergi kepraktisi terapi warna, maka gunakanlah naluri untuk memilih warna yang menurut anda dapat digunakan agar membuat tubuh lebih rileks dan tenang sehingga kenyamanan slalu berada pada benak anda. Janganlah ragu untuk menggunakan warna tersebut dan dapat juga di gunakan warna-warna dengan fungsi tertentu yang telah disebutkan diatas .    

0 komentar:

Posting Komentar