Tips Cara Mengembangkan Kecerdasan Logis Matematis

Tips Cara Mengembangkan Kecerdasan Logis Matematis - Kecerdasan ini merupakan
kecerdasan tentang angka-angka dan penalaran bisa juga sebagai kemampuan untuk mempergunakan
penalaran induktif dan deduktif, memecahkan masalah-masalah abstrak, dan memahami hubungan -
hubungan kompleks antara analisis matematis dan proses-proses ilmiah.
Adapun hal-hal yang bisa mengembangkan kecerdasan logis matematis sebagai berikut :


  1.  Menceritakan masalah yang dihadapi sehari-hari. Masalah yang dihadapi setiap hari dapat diceritakan, untuk selanjutnya dipecahkan dengan bantuan pemikiran matematis.
  2. Menerjemahkan masalah-masalah ke dalam model matematika. Masalah yang diceritakan biasanya ditulis intinya terlebih dahulu lalu dibuat model matematika untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam rumus matematika.
  3. Menciptakan ketepatan waktu untuk memecahkan masalah. Dalam hal menyelesaikan masalah tersebut setelah ditransformasikan ke dalam rumus matematika, selanjutnya diselesaikan dengan mengatur waktu penyelesaiannya.
  4. Merencanakan dan melakukan suatu eksperimen. Untuk lebih cepat, mudah, lambat, dan sukarnya penyelesian masalah secara matematik, sebaiknya dilakukan penelitian secara sungguh-sungguh dengan menerapkan langkah-langkah kerja tau metode ilmiah.
  5. Membuat suatu teknik. Penyelesaian masalah secara matematis diperlukan penerapan atau penemuan teknik kerja yang lebih efisien. 
  6.  Membuat diagram venn untuk penyelesaiannya. Diagram venn merupakan salah satu jalan mempolakan masalah untuk  memudahkan membangun pengertian sehingga mudah dipecahkan.
  7.   Membuat silogisme untuk mendemonstrasikan hasil. Pernyataan silogisme yang merupakan pernyataan bersyarat dapat diterapkan dalam proses berpikir matematis.
  8.  Membuat analogi untuk menjelaskan. Ketika kita menjelaskan sesuatu yang mungkin sulit diterima atau dicerna siswa, maka bisa digunakan  analogis
  9. Menggunakan keterampilan dalam berpikir. Dalam berpikir, seseorang akan sangat baik jika melakukan atau menyelesaikan apa yang dipikirkannya dengan menggunakan keterampilan berpikir. Berpikir tersebut dapat dimulai dari berpikir tingkat rendah hingga berpikir tingkat tinggi.
  10. .Merancang suatu pola, kode, atau symbol untuk berpikir sesuatu. Dalam memperlancar proses berpikir, kecerdasan logis matematik dapat menggunakan kode atau symbol terhadap objek yang dipikirkan
  11. Mengategorikan fakta-fakta yang dipelajari. Fakta yang diamati perlu dikategorisasikan sesuai sifat dan jenisnya. Kategorisasi ini, di samping memudahkan untuk diingat, juga dapat dengan mudah mengenal sifat dan jenis fakta tersebut.
Orang-orang yang kuat dalam hal kecerdasan logis – matematis mempunyai satu keterampilan berpikir kritis untuk merangkai, menghubungkan, menganalisis, dan mengestimasi. Mereka sering unggul dalam penggunaan matematika, sains, dan komputer. Baca juga Tips Cara Individu Yang Percaya Diri









0 komentar:

Poskan Komentar

Fish