Tips Cara Membuat Yakin Orang

Tips Cara Membuat Yakin Orang - Negosiasi bukan perdebatan, melainkan membuat pernyataan, mengambil posisi, memperjuangkan pendapatnya sendiri dan menyerang posisi lawan. bukan hanya mecari dasar bersama untuk membuka kompromi, mereka justru menekan perbedaan-perbedaan dan menegaskan bahwa meraka benar sedang pihak lawan salah dan seterusnya. Meskipun perdebatan seperti itu mungkin memberikan kepuasan pada sipelaku, tetapi tidak akan mengubah pikiran seseorang. Tujuan negosiasi adalah untuk meyakinkan,untuk mempengaruhi mitra runding, untuk mengubah kata "tidak" menjadi "ya". Untuk ituanda perlu mengetahui beberapa teknik mempengaruhi dan meyakinkan serta menciptakan pembicaraan yang membuahkan hasil.


Adapun petunjuk-petunjuk cara meyakinkan orang adalah sebagai berikut:

  1. Mendengarkan dengan baik, aktif untuk berusaha memahami dan hal ini mudah diucapkan tapi sulit untuk dilakukan karena kebanyakan orang tidak mampu mendengarkan dengan baik. Cara terbaik adalah beberapa saat diam, menunggu giliran untuk berbicara, sambil berpikir apa yang akan dikatakan.
  2. Tunjukkan kepada lawan bicara anda bahwa anda mendengarkan dia dan Dua monolog tidak akan membentuk dialog. Terkadang ucapkan kembali beberapa hal yang dikatakan pihak lain.
  3. Mendengarkan dengan baik seharusnya berjalan seiring dengan pengamatan yang seksama dan pandanglah lawan bicara anda pada waktu dia berbicara sengga pandang juga isyarat non-verbal.
  4. Jangan berbicara terlalu banyak sebab semakin banyak yang disampaikan lawan bicara anda maka semakin banyak pula informasi yang anda dapatkan. Bila anda berbicara, jangan terlalu panjang, ingatlah bahwa akhir pembicaraan diingat lebih baik dari pada awal pembicaraan, dan awal pembicaraan lebih mudah diingat dari pada bagian tengah.
  5. setiap aturan mempunyai pengecualian,dan terkadang anda dapat menggelincirkan lawan dengan menggunakan kata-kata yang membuat mereka bingung.
  6. Jangan memutus pembicaraan sebab pemutusan pembicaraan itu menjengkelkan, dan lebih penting lagi tidak efektif sebab yang dikatakan hampir tidak didengarkan.
  7. Jangan terburu-terburu dalam mengutarakan pandangan anda dan tunggulah sampai lawan anda selesai menyampaikan pendapatnya.
  8. berupayalah untuk mengapa lawan berunding anda mengatakan apa yang dia katakan, baik anda setuju apa tidak dan anda perlu sadar bahwa dia kemungkinan berada pada sisi lain argumentasi yang sedang berjalan.
  9. Bertanyalah kepada diri sendiri apa yang menjadi kebutuhan pihak lain, dan sejauh mana anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut tanpa merugikan kepentingan anda sendiri.
  10. Cara yang baik untuk menciptakan suasana yang mendukung tercapainya konsensus ialah dengan menekankan persamaan antara kepentingan pihak lain dan pihak anda dan tidak begitu menonjolkan perbedaan-perbedaan yang ada.
  11. Sampaikan apa yang ingin anda katakan sedemikin rupa sehingga mengundang tanggapan yang positif.
  12. Bila anda harus memberikan berita yang tidak baik kepada lawan runding maka sebaiknya anda menyampaikan penjelasan dan alasannya terlebih dahulu, baru penutup berita negatif tersebut.
  13. Tidak perlu menyampaikan informasi secara lengkap dan tuntas  dan batasilah diri pada argumentasi dan butir-butir terpenting saja.
  14. Berikan waktu yang cukup kepada lawan bicara anda untuk memahami gagasan dan usulan anda.
  15. Pertanyaan mempunyai arti yang penting dalam pembicaraan dan anda perlu banyak bertanya dan mendengarkan jawaban yang diberikan.
  16. Janganlah menjawab pertanyaan bila anda tidak memahami pertanyaan tersebut sehingga jangan sampai berlaku lebih tahu dari pada sebenarnya dan memberikan jawaban yang salah untuk pertanyaan yang tidak dimengerti akan merugikan.
  17. Cara yang baik untuk memperbesar kemungkinan pihak lain menerima usulan anda adalah dengan menyampaikan usulan anda dengan menyampaikan usulan itu sebagai erubahan usulan pihak lain.

Akhirnya, ingatlah bahwa tindakan lebih berarti dari pada kata-kata. Nama baik dan prestasi masa lalu mempunyai kekuatan untuk meyakinkan orang lain sehingga Hal-hal ini dapat memperkuat atau menghilangkan keraguan atas apa yang yang anda katakan. Jika anda mempunyai reputasi sikap yang jujur dan dapat diandalkan, maka anda tidak perlu susah payah untuk membuat pihak lain mempercayai anda.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus sekali, ini bisa dipakai untuk bernegosiasi kan?

Posting Komentar