Tips Cara Disiplin Diri

Tips Cara Disiplin Diri - Sebuah pilihan yang penting dan harus anda ambil dengan berkenaan dengan disiplin pribadi. Anda dapat bersikap santai atau keras lepada diri sendiri. jika memilih untuk bersikap santai, segala sesuatu yang anda lakukan tnpaknya sesuai benar dengan pola yang sama. Jika mengembangkan disiplin yang tepat, maka tubuh dan sikap-sikap mental anda akan mencerminkan pilihan itu dan tampaknya aka selalu bisa menyelesaikan semua pekerjaan, menghindari sikap menunda pekerjaan dan benar-benar menikmati apa yang anda kerjakan.

Evaluasilah waktu anda dan analisislah bagaimana mendedikasihkan seluruh perhatian untuk menekankan hal-hal yang positif karena disiplin menjadi faktor yang sangat penting setelah mendewasakan diri karena disiplin mampu mengembangkan kebasaan-kebiasaan yang baik dan berperan penting dalam mendorong kemamuan anda untuk belajar dalam segal hal.

Salah satu masalah yang selalu kita hadapi adalah bagaimana menyelesaikan semua permasalahan yang seharusnya dengan cepat-cepat kita selesaikan.

* Langkah awal dalam mengatasi kelemahan yang sangat manusiawi adalah dengan mengenali fakta bahwa disiplin bukanlah soal yang mudah dan tidak masalah siapa anda atau diman anda berada atau seberapa cerdas otak anda, disiplin sesungguhnya berlawanan dengan hakikat manusia itu sendiri yang cenderung malas dan egois sehingga sampai sekarang sebenarnya anda memerangi sistem kedisiplinan.

* Langkah kedua adalah dengan memahami bahwa banyak disiplin yang baik bisa dibangun sejak masa kanak-kanak dalam kehidupan seseorang. Pergi kerumah ibadat salah ssatu contoh suatu kedisiplinan yang dikembangkan oleh sebagian orang dan yang diabaikan oleh sebagaian orang yang lainnya.

Perlu ditekankan oleh titik-titik pemicu, dan yang dimaksud titik-titik pemicu adalah peristiwa-peristiwa yang membuat orang-orang mengubah sudut pandang dan kebiasn-kebiasan mereka, yang membuat mereka pda akhirnya mau tidak mau harus membangun komitmen isiplin yang kuat dalam dirinya untuk menghadapi masalah-masalah ataupun ancaman.

Jika anda menghadapi masalah dengan kedisiplinan, ada beberapa kiat-kiat yang bisa digunakan untuk memeksa diri dalam mengambil tindakan-tindakan yang tepat. Diantara kit-kiat itu adalah:

  1. Menetukan dengan pasti tidak boleh tidak, satu periode tertentu setiap hari untuk menylesaikan masalah.
  2. Bekerja dengan orang lain sehingga anda terlibat dengan sesuatu yang yang harus anda selesaikan, atau sesuatu yang harus diselesaikan secara teratur.
  3. Simpanlah suatu kartu sekor  yang menginventaris  aktivitas yang anda lakukan seperti olaraga ataupun unjuk prestasi.
  4. Berilah penghargaan kepada diri sendiri setiap kali anda brhasil menyelesaikan suatu rutinits tertentu
  5. Ambillah gambar-gambar yang mencolok yang anda inginkan untuk menggambarkan sesuatu yang anda akn membelinya  sebagai bentuk penghargaan jika anda berhasil mendisiplinkan diri dengan tepat.
  6. Jadikan rutinitas yang selama ini nda rasakan sangat membosankan menjadi sesuatu yang lebih menarik dan menyenangkan dengan memanfaatkan sedikit manipulasi atau penyesuaian.

Jika anda bisa memberikan penguatan atas tujuan anda dan bisa melibatkan anggota keluarga maka karir anda akan berkembang dengan lebih cepat lagi. Anda hendaknya memiliki prosedur untuk penghargaan diri sendiri terhadap prestasi  yang selangkah lebih maju menddekati pecapaian pada tujuan. Berilah penghargaan tas prestasi anda itu. tentu saja ,akan sangat membantu untuk mengikut sertakan anak-anak atau anggota keluarga dalam menikmati penghargaan yang membuat anda bahagia.

0 komentar:

Posting Komentar