Tips Cara Pengembangan Kehidupan Pribadi

Tips Cara Pengembangan Kehidupan Pribadi - Kehidupan pribadi merupakan rangkaian proses pertumbuhan dan perkembangan sehingga perlu dipersiapakan dengan baik, karena hal itu akan mewujudkan kesadaran sejak dini.

Adapun upaya pengembangan kehidupan pribadi dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Membiasakan hidup sehat dan teratur serta memanfaatkan waktu secara baik sehingga akan  maksimalkan dalam  aktifitas yang dilakukan.
  2. Mengenalkan dan memahamkan nilai serta norma sosial yang berlaku di dalam kehidupan serta yang        perlu ditanamkan secara baik dan benar.
  3.  Mengerjakan tugas dan pekerjaan sehari-hari secara mandiri dengan penuh rasa tanggung jawab.
  4. Membiasakan hidup bermasyarakat serta membina pergaulan pada sesama, terutama dengan teman sebaya.
  5. Melatih cara merespons berbagai masalah yang dihadapi dengan baik sehingga memudahkan penerimaan dalam setiap hal yang baru ditemuinya.
  6. Menghindari sikap ataupun tindakan yang bermaksud menghindari atau lari dari permasalahan yang sedang dihadapi.
  7. Mengikuti dan mematuhi aturan kehidupan keluarga dengan rasa disiplin serta penuh rasa tanggung jawab.
  8. Melaksnakan peran yang sesuai dengan status dan tangggung jawab dalam kehidupan berkeluarga.
  9. Mengusahakan dengan sungguh-sungguh dalam meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal.

Selain itu perlu diciptakan suasana yang kondusif dan keteladanan oleh pihak-pihak yang memiliki otoritas, seperti orang tua di keluarga, guru di sekolahan, dan tokoh masyarakat pada kehidupan sosial.

Dalam kondisi seperti ini yang perlu ditonjolkan antara lain sifat yang seportif, kejujuran, ketekunan, kesabaran, kerja keras, dan yang melengkapi kesemuanya dengan berpegang teguh pada prinsip-prinsip hidup yang benar sehingga anak harus dapat dibiasakan menjalani proses internalisasi, sosialisasi, dan enkulturasi nilai dan norma sosial secara baik dan sempurna. Baca juga Tips Cara Membangun serta meningkatkan kepercayaan

0 komentar:

Posting Komentar